Menang Atas Cobaan Hidup
Kalangan Sendiri

Menang Atas Cobaan Hidup

Lori Official Writer
      1044

Shalom saudara yang terkasih di dalam Tuhan. Saya mengucap syukur karena Anda masih terus berjalan di dalam iman. Mari percaya bahwa apapun yang Anda sedang lalui hari ini, kita bisa melaluinya bersama Tuhan.

 

Ayat Renungan: Yohanes 16: 33 “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

 

Pertanyaan: Dalam hal apa saja Anda mengandalkan Roh Kudus bekerja atas hidup Anda?

Anda mungkin pernah merasa ada dorongan kuat bahwa Tuhan meminta Anda melakukan sesuatu, tetapi Anda merasa sulit melakukannya karena ada kuasa yang seperti menghalangi Anda? Lalu Anda mulai ragu dan bertanya, “Masa iya aku harus melakukannya?” 

Jangankan kita, Tuhan Yesus sendiri mengalaminya. Di Lukas 4: 1-14 dijelaskan bagaimana Yesus dicobai di padang gurun. Namun Roh yang memimpin Yesus membuat-Nya mampu menangkal cobaan itu. Allah tahu bahwa Yesus sanggup mengatasi godaan dari si iblis karena kuasa Roh Kudus ada di dalam Dia.

Sepanjang isi Alkitab, kita tidak akan menemukan ayat yang berkata bahwa kuasa Roh di dalam kita akan membuat kita terhindar dari cobaan. Sebaliknya, hampir semua tokoh besar di dalam Alkitab melewati cobaan. Seperti Yusuf, yang bermimpi jika dia akan menjadi orang besar, tetapi dalam perjalannya dia malah harus menjadi budak dan masuk penjara (Kejadian 37-50). Atau Daud yang dikhianati Saul sebelum dia diangkat menjadi raja (1 Samuel)

Namun sekalipun ada cobaan, kita mampu mengatasinya karena Yesus telah menegaskan hal ini di dalam Yohanes 16: 33 bahwa “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” Kita juga perlu memegang kebenaran bahwa segala kesulitan yang kita lalui akan berujung pada kemenangan jika kita mau mengandalkan kuasa Tuhan.

Hari ini, mari mengoreksi hidup kita: Apa saja hal yang sedang kita lalui dalam hidup? Bagaimana kuasa Tuhan membuat kita berhasil melaluinya? 

Saudara, pastinya perjuangan yang kita lalui berbeda-beda. Tetapi kita bisa menyaksikan bagaimana Roh Tuhan bekerja mendatangkan kemenangan.

Ikuti Kami